Liberal Arts

Apa arti Liberal Arts?

Pada zaman modern seperti ini, banyak yang salah mengartikan liberal arts adalah ilmu tentang seni, tetapi sebenarnya liberal arts adalah ilmu yang dimiliki seseorang tidak hanya ilmu keahliannya tetapi ilmu tentang pengetahuan alam, sosial budaya, seni, agama dan lain-lain, dengan kata lain seseorang mempelajari berbagai ilmu diluar dari ilmu profesi atau keahliannya. Liberal arts juga adalah pendidikan yang menekankan pengetahuan dan kapasitas intelektual umum.

Istilah liberal arts sendiri berasal dari kata Latin yaitu liber yang artinya adalah ilmu. Di zaman klasik liberal arts dianggap menjadi ilmu yang sangat penting untuk dipelajari. Pada zaman itu grammar, logika dan retorika adalah inti dari liberal arts yang disebut juga trivium.

  • Grammar mempelajari tata bahasa
  • Logika mempelajari bagaimana beragumentasi
  • Retorika mempelajari penggunaan bahasa

Lalu semakin berkembangnya zaman ilmu tentang liberal arts diperluas lagi dan disebut quadrivium yang mencakup matematika, geometri, musik dan astronomi.

Bagaimana penerapan Liberal Arts?

Pendidikan liberal arts saat ini  banyak terdapat di universitas baik di Indonesia maupun di luar negri. Penerapannya dalam universitas, seluruh mahasiswa diwajibkan mengambil seluruh mata kuliah liberal arts selama proses perkuliahan, lalu ditempatkan di dalam satu kelas dengan mahasiswa dari berbagai program studi. Hal ini bertujuan memperkaya cara pikir mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat mengutarakan pendapat dari berbagai sudut pandai, dan melatih mahasiswa beradaptasi dengan berbagai pendapat atau ide. Namun terkadang masih banyak mahasiswa yang tidak berminat mengikuti pendidikan liberal arts karna dianggap tidak ada hubungannya dengan ilmu atau program studi yang mereka ambil, padahal jika dipahami dan dimengerti dengan baik, liberal arts mempunyai banyak keuntungan.

Tujuan Liberal Arts?

Pendidikan liberal arts mengajarkan:

  • mengembangkan kemampuan intelektual. Mahasiswa akan diajarkan untuk berfikir, menalar dan memecahkan masalah.
  • berfikir mandiri,  mahasiswa dapat mengembangkan sendiri pendapat, nilai, ide-ide, keyakinan tanpa dipengaruhi oleh teman, orangtua atau dosen sekalipun.
  • mengerti, seiring perkembangan zaman akan muncul berbagai pengetahuan baru. Tetapi melalui liberal arts kita dapat mengerti berbagai pengetahuan yang akan muncul di masa depan nanti.
  • bagaimana beretika yang baik.

Kesimpulan

Liberal Arts adalah ilmu yang sangat penting untuk dipelajari karena, tidak hanya pengetahuan tentang program keahlian saja yang akan kita memiliki tetapi kita dapat memiliki berbagai ilmu pengetahuan. Sehingga ketika lulus dari universitas, kita akan menjadi manusia yang berintegritas tinggi, berjiwa luhur dan mulia, memiliki pengetahuan yang luas, kemampuan berfikir yang mandiri dan kritis, dapat menyelesaikan masalah, dapat berkomunikasi dengan baik,  lebih percaya diri karna sudah siap menghapapi dunia pekerjaan yang nyata.
Semua nya itu dapat terwujud apabila kita bersungguh-sungguh mengikuti pendidikan Liberal Arts.

Sumber:

http://edukasi.kompasiana.com/2012/11/27/universitas-liberal-arts-belajar-seni-apa-511674.html

http://www.virtualsalt.com/libarted.htm

http://en.wikipedia.org/wiki/Liberal_arts_education


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s